Langsung ke konten utama

Harbolnas, Kesempatan Emas Meraup Untung Jualan Online Di Blibli.com


Dunia jual beli telah berevolusi dari masa ke masa. Menapaki era digital yang semakin maju, sekarang menjual dan membeli barang dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jari semata. Kapan saja dan di mana saja hanya melalui data online.

Berjualan online memang lebih efesien, melalui smartphone pun bisa. Namun jangan salah, meski kedengarannya mudah, tetapi sebenarnya tidak sesederhana itu.

Bagi para pengusaha justru tantangan berjualan semakin sulit. Sebab untuk menghadapi ketatnya persaingan, mempromosikan barang melalui media sosial saja tidaklah cukup. Anda harus mencari strategi lain untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Strategi cerdik berjualan

"Pengusaha cerdik". Dua kata penuh makna. Di mana seorang pengusaha harus menguasai keterampilan berjualan yang andal untuk mengantongi keuntungan yang diharapkan.

Saya yakin, setiap pengusaha pasti sering menggedor isi kepala untuk menemukan strategi jitu berjualan demi kelangsungan usaha yang dirintis. Sebab seiring waktu, persaingan pasar kian makin mengetat.

Pengusaha harus memiliki strategi jualan yang terencana dan tersusun apik. Sehubungan dengan itu, strategi jualan umum yang acap kali digunakan para penjual adalah dengan mengikuti pameran, bazar, pestival tahunan, atau acara-acara lainnya yang banyak dikunjungi orang.

Kalau strategi untung berjualan offline bisa dilakukan dengan pameran dan bazar, berjualan online pun ada strategi jitu-nya. Semacam pestival tahunan, tetapi dilakukan secara online. Yakni melalui Harbolnas.

Mengenal Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)

Sudah disinggung di atas bahwa strategi jitu berjualan online adalah dengan Harbolnas. Lalu apa sih Harbolnas itu?

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Sebuah pesta belanja di mana para pelaku usaha online dapat menuangkan ide strategi berjualan mereka dan bersaing mendapat keuntungan dengan ratusan pedagang lainnya.


Sejatinya, Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai E-Commerse di Indonesia. Harbolnas turut didukung oleh berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, logisitik, media, dan yang paling utama adalah perbankan.

Harbolnas kali pertama digelar pada 12 Desember 2012 silam (12.12.12) yang terinspirasi dari gerakan Cyber Monday, yang lebih dulu ada di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan negara lainnya.

Hingga kini, Harbolnas masih rutin dirayakan pada tanggal yang sama dengan melibatkan ratusan E-Commerce yang ada di Indonesia.

Persiapan Diri Menyambut Harbolnas dengan Belajar dari Sebuah Masalah

Meskipun sekarang masih September, tidak ada salahnya jika kita lebih awal mempersiapkan diri menyambut puncak Harbolnas pada Desember yang akan datang.

Untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan, Anda perlu melirik ke belakang. Pelajari dulu berbagai permasalahan yang sering terjadi di setiap gelaran Harbolnas. Barulah setelah itu, Anda bisa mengevaluasinya agar tidak masuk ke dalam jurang yang sama.


Sedikitnya ada empat masalah yang kerap terjadi menimpa E-Commerce tatkala menghadapi historia perayaan Harbolnas.

Pertama, pesanan mebeludak di luar dugaan. Harbolnas adalah pesta belanja online yang paling ditunggu-tunggu konsumen. Sebab, di sanalah waktu yang tempat dalam membelanjakan uang.

Alih-alih diburu oleh para penggila shopping, pesanan dari seluruh penjuru wilayah Indonesia akhirnya membeludak di luar dugaan E-Commerce. Dari sinilah faktor utama yang menimbulkan banyak permasalahan lainnya.

Kedua, server error dan website pun down. Pesanan yang mebeludak akan menimbulkan masalah baru. Kinerja website akan goyah karena tidak sanggup menampung pesanan.

Alhasil, server akan error dan website akan down. Bukannya untung, reputasi toko Anda justru malah dipertaruhkan.

Ketiga, tim kelelahan. Tim adalah salah satu yang terpenting dalam membantu bisnis Anda berjalan lancar. Dengan demikian, Anda harus memperhatikannya juga.

Di Harbolnas, lonjakan pesanan yang terlalu banyak menjadi tak terkendali sehingga memicu para pekerja seperti kurir, agen, dan warehouse menjadi kelelahan.

Keempat, kegagalan taktik tipuan diskon. Jangan sepelekan masalah yang terakhir ini, sebab hal tersebut merupakan tindakan bodoh yang dilakukan oleh penjual. Tipuan semacam itu hanya akan membuat pelanggan enggan kembali datang.

Sekali berbohong, maka Anda tidak akan mendapat kepercayaan seperti semula. Ibarat sengaja masuk jurang yang penuh dengan emas. Meskipun sampai di sana, tetapi percuma, karena Anda akan mati.

Bersiap Hadapi Lonjakan Pesanan di Puncak Harbolnas Bersama Blibli.com

Setiap tahun, peserta Harbolnas selalu bertambah. Tahun lalu, pesertanya sudah mencapai lebih dari 300 E-Commerce. Itu artinya, tahun ini jumlahnya akan jauh lebih banyak lagi.

Dengan demikian, para peserta harus mempersiapkan strategi matang untuk menghadapi sengitnya persaingan.


Jangan keburu pusing, karena bersama Blibli.com Anda akan lebih mudah mempersiapkan segala sesuatunya.

Di atas kita sudah mengetahui beberapa masalah yang kerap kali membuat penjual kelabakan dikarenakan lonjakan pesanan di puncak Harbolnas.

Well, sekarang kita akan mengatasi permasalahannya. Langsung saja kita ulas satu per satu.

1. Melakukan riset itu penting

Jangan bilang usaha Anda hanya usaha kecil-kecilan, sehingga mengacuhkan riset yang dirasa tak perlu.

Justru riset terbilang cukup penting, lantaran bisa menjadi landasan untuk menentukan strategi penjualan yang dapat melejitkan usaha milik Anda.


Cari data berapa jumlah peserta yang akan jadi kompetitor Anda, cari tahu pula siapa saja yang akan ikut dan seberapa kuat mereka.

Anda juga bisa melakukan riset dengan melihat data penjualan pada Harbolnas tahun lalu. Misalnya, data traffic setiap E-Commerce dan strategi apa yang membuat mereka untung besar. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi yang akan digunakan tahun ini.

Tapi kalau Anda bersama Blibli.com, tak perlu khawatir tidak bisa bersaing dengan ratusan E-Commerce lain. Sebab, Blibli.com adalah salah satu marketplace yang paling mendominasi Harbolnas di setiap tahunannya.

Dan awas! Jangan sampai lupa, lakukan riset mengenai tren pasar masa kini. Pelajari barang apa yang paling diburu masyarakat di tahun ini, atau kategori barang yang  Anda jual harus serba tren hangat, agar Anda bisa meraup untung lebih besar.

2. Stock barang harus cukup

Promo dan diskon gede-gedean cukup menggiurkan. Orang-orang yang jarang belanja online pun jadi tergugah untuk ikut memanfaatkan momen Harbolnas yang hanya satu kali dalam setahun.


Lonjakan orderan di Harbolnas bisa puluhan kali lipat meningkat dibanding hari-hari biasa. Jadi siapkan stock barang yang cukup, atau jika memungkinkan, sediakan lebih banyak lagi.

Tidak lucu kan kalau pelanggan kabur ke toko sebelah akibat stock barang di toko Anda sudah habis?

Sediakan lebih banyak barang yang kira-kira paling menarik perhatian konsumen di tahun ini. Nah, inilah salah satu mengapa riset pasar itu penting. Agar Anda bisa menentukan barang mana yang akan disediakan lebih banyak.

3. Tim adalah kunci dari bisnis lancar

Anda teramat perlu mengimbau performa tim di toko online Anda. Sebab, tim adalah bagian dari kunci bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.


Cek performa tim untuk memastikan semuanya sudah siap menghadapi banjir orderan. Kalau perlu, cari tambahan pekerja agar tim toko online Anda tidak kelelahan.

Tak perlu bersusah payah. Serahkan pada Blili.com. Sebab, Blibli.com tidak hanya terfokus pada penjualan semata. Lebih dari itu, Blibli.com turut memperhatikan timnya. Dari jauh-jauh hari, pihak Blibli.com biasanya akan segera mengimbau, baik tim dari channel warehouse ataupun dari merchant untuk bersiap-siap.

4. Konfigurasi website wajib ditingkatkan

Sebelumnya saya sudah Ingatkan soal website down akibat mebeludaknya pesanan.

Lantas, Anda wajib mengoptimalkan server untuk menyiapkan kapasitas pengunjung, dan meningkatkan konfigurasi website agar tak terjadi error atau down saat pesanan mebeludak di Harbolnas.


Untuk yang satu ini, lebih baik bersama Blibli.com saja. Karena Anda tidak harus memikirkan masalah website yang rumit.

Blibli.com selalu menyiapkan capacity planning yang matang untuk meningkatkan kapasitas lonjakan traffic pengunjung setiap kali Harbolnas akan digelar. Sehingga konfigurasi website Blili.com selalu terkontrol dengan baik.

5. Tentukan strategi promo yang cerdik

Segera tentukan program promo yang akan Anda pergunakan di Hari Belanja Online Nasional mendatang.

Promo yang biasa menjadi andalan para E-Commerce ialah: diskon gila-gilaan hingga tambahan ekstra diskon untuk barang tertentu, produk flash sale harga tak masuk akal, cash back, gratis ongkos kirim, menyediakan kupon, sampai dengan reward menarik untuk para pelanggan.


Ini juga berhubungan dengan riset pasar. Sebab, apabila Anda sudah tahu data-data pasar, menyusun strategi promo pun akan jauh lebih mudah. Pilih strategi promo mana yang kira-kira dapat menguntungkan toko online Anda.

Dan tahun ini, Blibli.com juga mengadakan berbagai diskon menarik, flash sale, cash back, sekaligus menyediakan reward untuk pelanggan yang berbelanja.

Blili.com menawarkan pelanggan berbelanja sesuka hati dengan badget minimalis plus bisa mendapat reward, calon pembeli sudah pasti tergoda. Siapa tahu, toko Anda yang paling banyak pengunjung di Blili.com.

6. Persiapkan jaringan internet yang cepat

Hal utama yang Anda butuhkan dalam berjualan online adalah jaringan internet. Pastikan jaringan internet Anda tak terganggu saat perayaan Harbolnas.


Bayangan, andai jaringan internet Anda tiba-tiba melambat tatkala sedang dibanjiri pesanan. Sudah bisa dipastikan calon pembeli akan lari karena terlambat dilayani.

Well, coba persiapkan jaringan internet yang cepat. Bahkan kalau perlu, pasang jaringan wifi di rumah sebelum pesta Harbolnas datang.

7. Promosi sebelum puncak perayaan

Daripada hanya memutari media sosial untuk hal yang tak penting, akan lebih baik apabila dimanfaatkan untuk mempromosikan program promo yang telah Anda tentukan sebelumnya.


Media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter cukup membantu menarik minat masyarakat agar tergiur berbelanja di toko online Anda pada puncak Hari Belanja Online Nasional.

Apalagi di wrbsite maupun aplikasi Blili.com sudah dimodifikasi dengan pernak pernik Harbolnas yang keren. Seperti tagline "Jerat Jerit" yang bisa Anda gunakan untuk ide dalam menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Daripada Pusing, Lebih Mudah Gabung Blili.com Saja!

Memiliki website sendiri memang memberi kesan profesional. Sayangnya, tidak semua orang paham tentang website. Maka dari itu, perlu biaya tambahan untuk dapat memiliki website yang berkualitas.


Inilah alasan mengapa saya merekomendasikan Blili.com untuk bersiap hadapi lonjakan pesanan pada saat Harbolnas.

Itu karena di Blili.com, Anda tidak perlu belajar memahami website sendiri. Fitur-fitur yang tersedia sangat mudah dipahami. Anda hanya perlu mendaftar dan berjualanlah dengan mudah dan nyaman.

Ikuti komunitas Blibli Seller melalui akun Instagram resminya, yakni @blibliseller. Ada banyak edukasi kiat berjualan online yang bisa Anda pelajari.

Masih ragu? Bukti nyatanya bisa anda lihat pada video di bawah ini.


Cerita pak Hanafi adalah contoh nyata bahwa Blili.com mampu membantu meningkatkan penjualan dengan sangat mudah.

Karena kesulitan membangun website sendiri, Pak Hanafi kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Blili.com. Dan benar saja, seperti yang kita dengar, traffic pesanannya meningkat hingga 3000 persen. Pantastis bukan?

Ayo Manfaatkan Kesempatan Emas Harbolnas di Blibli.com

“Kesuksesan datang ketika kesempatan bertemu dengan persiapan.”

Kutipan dari Zig Ziglar itu harusnya bisa menjadi motivasi untuk saya, Anda, dan kita semua.

Harbolnas adalah kesempatan emas untuk mulai serius berjualan. Sedangkan persiapan Anda adalah pelengkapnya. Apabila keduanya dipertemukan, bukan tidak mungkin Anda bisa sukses meraup untung yang ga tanggung-tanggung.


Nah, wujudkan sukses Anda dengan memanfaatkan kesempatan emas Harbolnas di Blibli.com.

Momen Harbolnas selalu dinantikan oleh para pelaku usaha online. Pasalnya, dalam pesta belanja besar-besaran ini ratusan E-Commerce dari seluruh Indonesia bisa berperang promo dengan diskon gila-gilaan untuk menarik minat pembeli.

Lantas, jangan mau kalah. Dongkrak penjualan Anda melalui perang promo. Jadikan momen Harbolnas tahun ini sebagai peluang emas untuk meraup untung besar.

Jangan menunda kesempatan yang ada. Bergabunglah dengan puluhan pengusaha lainnya di Blili.com, agar Anda lebih siap dalam menghadapi Harbolnas.

Blibli.com memiliki segudang keunggulan yang berpotensi mengembangkan usaha Anda lebih pesat lagi. Setidaknya, ada delapan keunggulan yang dapat memudahkan Anda dalam berjualan online.


Mulai dari pilihan kategori yang jauh lebih luas, serba gratis seperti gratis photo produk, gratis kemasan dan gratis biaya kirim. Ditambah pula dengan kemudahan proses pengiriman, asuransi pengiriman produk, layanan Merchant Care, dan Blili.com ini terdepan dalam inovasi In Store-nya.

Cara daftarnya juga sangat mudah. Anda bisa mendaftarkan diri atau perusahaan Anda sebagai penjual di website Blili.com. Selanjutnya tinggal ikuti intruksi yang ada dengan mengisi beberapa kolom kosong secara lengkap.

Kalau sudah, Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Blili.com yang akan segera memproses mendaftaran dalam waktu maksimal 2 kali 24 jam, dan toko Anda baru mulai aktif maksimal dua hari setelah konfirmasi melalui Email.

Apabila sudah aktif, Anda bisa segera berjualan dengan mulai menambahkan beberapa produk yang akan dijual, kemudian respon pesanan yang masuk, terakhir Anda akan menerima pembayaran sekali dalam seminggu. Semudah itu!

Coba saja Anda perhatian info grafis di bawah ini.


So, jika sudah bergabung dengan Blili.com, gerbang menuju untung besar di Hari Belanja Online Nasional akan terbuka lebar.

Jadi, sudah siap hadapi lonjakan pesanan di puncak perayaan Harbolnas? Selamat mencoba.

Sumber Artikel:
https://www.cermati.com/artikel/harbolnas-pesta-belanja-online-yang-digandrungi-pemburu-diskon

https://www.liputan6.com/tekno/read/2623726/antisipasi-lonjakan-harbolnas-ecommerce-rancang-strategi-khusus

https://www.finansialku.com/hari-belanja-online-nasional/

Sumber Gambar:
Seluruh gambar di dapat dari dokumen pribadi yang telah diolah grafis oleh penulis. [Akromah Zonicc]

Sumber Video:
Video diambil dari channel YouTube Blili.com


Artikel ini diikutsertakan ke dalam Blibli Seller Blog Competition dengan tema "Bersiap Hadapi Lonjakan Pesanan Di Harbolnas Blibli.com" periode 6-30 September 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Si Penyendiri

Yuk kenali masuia pecinta kesunyian ini. Kamu lebih suka kesunyian? Ketenangan? Kedamaian? Berarti kamu termasuk si penyendiri. Kebanyakan orang menyukai keramaian, bersenang-senang dengan banyak orang, dan bahkan beberapa dari mereka senang menjadi pusat perhatian. Namun tidak sedikit orang yang justru merasa tertekan ketika berada di keramaian, lebih suka melakukan segalanya sendiri sesuai kemauan, dan tak begitu suka di usik. Tipe penyendiri biasanya dikenal sebagai tipe introvert, sangat sensitif dan cenderung pemalu atau tidak memiliki kepercayaan diri. Ada begitu banyak alasan kenpa seseorang menjadi penyendiri. Bisanya disebabkan karena hal yang disengaja seperti memiliki prinsip pribadi yang kurang cocok dengan lingkungan. Atau hal yang tidak disengaja seperti kejadian pahit dimasa lalu yang membuatnya mengalami tekanan hingga akhirnya menjadi penyendiri, ataupun sifat pemalu dan kurangnya rasa percaya diri membuat seseorang tanpa disadari menjadi si penyendiri. Bis...

ASUS VivoBook Ultra A412DA, Laptop Berdimensi Ringkas Dengan Performa Yang Tetap Andal

Saat ini kita hidup di era revolusi industri 4.0, di mana digital menjadi kebutuhan yang hampir sama pentingnya dengan kebutuhan makan dan minum. Bagaimana tidak? Semua kalangan dari mulai anak sekolah, mahasiswa, karyawan perusahaan, dan berbagai provesi lainnya membutuhkan barang digital untuk menunjang pekerjaan mereka. Salah satunya laptop. Kini laptop ibarat wadah makanan. Jika tidak ada wadah untuk menampung makanan, lalu bagaimana Anda bisa makan? Di era digital Anda tidak bisa bekerja secara efektif dengan hanya menggunakan kertas dan pulpen semata, Anda pasti membutuhkan sebuah laptop. Perkembangan laptop pun sudah semakin beragam. Para produsen laptop berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi baru yang dapat menarik tren pasar masa kini. Tren pasar bagi para milenial yang aktif seperti traveller, bloger, volger, gamer, hingga para pebisnis adalah laptop yang ringan untuk dibawa bepergian. Namun, seringkali laptop yang berbobot ringan justru memiliki performa dan kapasi...